Friday, March 6, 2015

Dedication to the state, SAVE BATIK INDONESIA

Melestarikan batik indonesia dengan terbukanya peluang di mancanegara


Orang Indonesia mana yang gk tau sama Batik? Negaa? I know :P
Batik merupakan kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi, pembuatannyapun cukup sulit loh yaitu dengan menuliskan atau menerakan zat padat yang diproduksi secara alami pada kain tersebut, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama.
Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, pada masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya "Batik Cap" yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. 

Ada beberapa pengecualian bagi fenomena ini, yaitu batik pesisir yang memiliki garis maskulin seperti yang bisa dilihat pada corak "Mega Mendung", dimana di beberapa daerah pesisir pekerjaan membatik adalah lazim bagi kaum lelaki. 
Batik selain warisan nenek moyang Indonesia tetapi juga telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity)oleh UNESCO sejak 2 Oktober 2009 lalu.

Did you know? Tradisi membatik ternyata pada mulanya merupakan tradisi yang turun temurun, Maka dari itu kadang suatu motif dapat kita kenali berasal dari batik keluarga tertentu. 
Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang loh guys. 
Sampai saat ini pun, beberapa motif batik tadisional hanya dipakai oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta loh. 
Orang Indonesia pasti tau kalau batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia dari pulau Jawa.

Batik juga pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto, yang pada waktu itu memakai batik pada Konferensi PBB. 
Akankah usaha batik membuka peluang bagi Indonesia? dangyeonhaji (tentu saja) :3
Usaha batik telah membuka peluang yang besar bagi Indonesia dengan mengembangkan motif batik serta industri batik walaupun tidak mudah karena membutuhkan modal yang lumayan besar loh. 
Saat ini, batik telah banyak menjelma dalam berbagai kondisi dan kesempatan. Batik tidak lagi dirasakan sebagai pakaian yang kaku dan hanya digunakan pada saat-saat formal, namun lebih dari itu, batik kini telah mampu memposisikan dirinya sejajar dengan corak dan trend pakaian lainnya dibelantara nasional hingga internasional. 
Di berbagai event pagelaran busana, banyak trend dengan nuansa batik yang diusung oleh berbagai desainer nasional hingga dunia loh guys. Makin berkibarnya batik di dunia, maka gak heran kalau kita harus mencintai batik sebagai warisan budaya yang bernilai tinggi ini agar batik tetap lestari dan menjadi kebanggaan negeri. 
Namun memang sih gak gampang dan gak cukup  cuman dengan mencintai batik aja, But kita juga harus menjaga batik warisan nenek moyang kita ini dengan tidak berhenti memproduksi batik guys, Supaya batik kita tidak terlupakan oleh dunia, nah kita juga harus mengembangkan dan melahirkan batik dengan motif-motif baru yang dapat memikat hati dunia. 
Ternyata banyak artis loh yang suka dengan batik, seperti jajaran artis papan atas dunia.
Jessica Alba, pemeran superhero dalam Fantastic Four itu menggunakan batik di ajang bergengsi tingkat dunia, belum lagi lenka, Drew Barrymore dengan tas batik yang ia gunakan dalam nuansa santai, hingga Reese Witherspoon yang terlihat casual dengan batik berwarna ungu miliknya, Rachel Bilson yang menggunakan batik di padu dengan cardigan hitam yang menambah kemodisannya secara eksotis. Bahkan artis controversial sekelas Paris Hilton pun menggunakan batik dengan model long dress bewarna Ungu. Bahkan dalam salah satu iklan layanan operator seluler di Indonesia, tak tanggung-tanggung, pihak pengiklan mempopulerkan batik yang dipakai beberapa pemain bola kenamaan dunia dari Klub Manchester United yang menggunakan seragam tim dengan padu padanan kemeja batik sebagai pakaian luar.
Para tokoh dunia seperti Nelson Mandela dan Bill Gates pun tak ketinggalan menggunakan batik. Serta ada beberapa artis korea yang mengenakan batik salah satunya ialah girls generation..
Jessica Alba
Paris Hilton

Girls Generation




Referensi:

1 comment:

  1. EN-ZY (Indonesian Product) sebuah brand yang selalu mengaplikasikan BATIK INDONESIA di semua produk.

    Cintai Negerimu Pakai Batik Setiap Hari.
    Kunjungi WEB kami ( http://en-zyindonesianproduct.com/ )
    produk EN-ZY dapat ditemukan juga di :
    BUKALAPAK ( https://www.bukalapak.com/muhammad_fawzy )
    TOKOPEDIA ( https://www.tokopedia.com/en-zy )
    OLX ( http://olx.co.id/all-results/user/Iw8E/ )
    LAZADA ( http://www.lazada.co.id/en-zy/ )
    ZALORA ( http://www.zalora.co.id/en-zy/ )

    ReplyDelete