Friday, July 3, 2015

Automatic Treatment for Hand Carpal Tunnel Syndrome or ATTRACTS


Carpal Tunnel Syndrome (CTS) seperti yang kita ketahui CTS merupakan salah satu penyakit yang sering dilaporkan oleh badan statistik perburuhan di negara maju yang banyak di temukan di kalangan pekerja. 

Penderita penyakit ini sering merasakan nyeri, kesemutan, rasa kebas, bahkan sulit menggerakkan tangan. Did u know? Sindrom tersebut terjadi akibat adanya tekanan pada syaraf medianus  dan terowongan carpal di pergelangan tangan. Nah beberapa mahasiswa UGM telah meneliti yang kemudian dikembangkannya inovasi teknologi untuk membantu mengatasi persoalan mengenai penyakit CTS ini guys. 

Beberapa mahasiswa UGM yeng mengembangkan alat ini yaitu Muchammad Ilham Maulana,Irfan Dwiki Bhaswara,Verly Fazlurrahman, Septiana Rizki Fauziah, serta Sharfina Kumala Dewi Yusuf yang berhasil menciptakan alat terapi CTS baru yang bersifat portabel sehingga dapat digunakan penderita di berbagai kesempatan.

Seperti yang dikatakan Ilham Maulana, alat ini tersusun dari berbagai macam komponen elektronik, modul digital, dan rangkaian elektronik yang didesain khusus untuk penderita CTS.  Alat ini dibentuk menyerupai jam tangan sehingga dapat digunakan dimanapun dankapanpun. “Pembuatan alat ini menggunakan sejumlah komponen berukuran sangat kecil  agar  dihasilkan alat terapi semini mungkin, namun tetap bisa bekerja secara maksimal.

Nah, dengan penemuan mahasiswa-mahasiswa UGM ini diharapkan dapat membantu masyarakat agar prevalensi CTS bisa menurun.  Selain itu kita juga tidak perlu sering pergi ke rumah sakit, karna untuk mendapatkan terapi medis pasti memakan waktu yang cukup lama kan guys... :3   Semoga anak bangsa indonesia terus dapat maju dan mengembangkan kemampuannya ya, dan pesan saya teruslah berusaha memajukan negara kita tercinta ini.. 
Thank you for visiting my blog guys and I also don't forget say welcome to my blog. :3 Enjoy...

No comments:

Post a Comment